Cara Membuat Website

Langkah-langkah untuk membangun website / landing page :

1. Siapkan nama domain dan hosting. Pilih nama domainmu dan cek apakah masih tersedia atau sudah dipakai orang lain. Tentukan ekstensi domain yang dipilih, sekarang sudah banyak tersedia selain .com dan .co.id ,juga ada .info .site .web.id .top dan dot-dot lainnya. Sesuaikan saja dengan budget anda, jika memiliki budget tinggi untuk membeli domain, maka pilihlah .com .co.id

Sedangkan jika budget anda rendah, maka pilihlah extension domain selain yang dua tadi yang lebih terjangkau bagi anda. Tempat cek bisa dimana saja, kalau saya biasanya cek di hoster atau rumahweb

Apa bedanya domain dan hosting? jawabannya adalah kalau domain ini berupa alamat atau jalan misalnya menuju rumah anda, kemudian Hosting adalah rumah anda itu sendiri. Paham ya. Jadi bicara internet jangan hanya tau www.abcde.com atau http://abcde.com saja, itu namanya domain. Sedangkan rumahnya itu sendiri adalah hosting atau tempat servernya. Tanpa domain dan hosting, anda tidak dapat membuat sebuah website kecuali, kecuali anda memakai layanan yang disediakan oleh orang lain seperti blogspot, wordpress, dan lainnya yang sifatnya gratisan. Jadi di sini anda adalah penumpang dari rumah orang lain. Mau bikin website tanpa domain dan hosting tapi bisa punya banyak template dan tanpa biaya berlangganan? anda bisa mencoba layanan dari vendor ini https://tokodigital.web.id/webfree/

2. Pilih provider domain dan hosting, keduanya bisa dari provider yang berbeda ataupun yang sama. Pertimbangkan dari sisi budget masing-masing karena harga dapat berbeda-beda terutama hosting dan kapasitas yang dipilih. Contoh hosting yang lumayan agak tinggi biayanya seperti niagahoster dan rumahweb , sedangkan hosting murah (dengan unlimited storage) namun baik, anda bisa mencoba hoster atau http://bit.ly/mycheaphosting , karena kalau yang storage-nya dibatasi itu rata-rata mahal dan kebutuhan kita ke depan padahal semakin banyak untuk menyimpan file, membuat sub domain, dan seterusnya.

3. Pahami tentang Cpanel, karena ini yang umum dipakai untuk menyimpan data-data file website anda. di Cpanel anda dapat membuat subdomain, mengatur nama email, melihat dan setting versi php, hingga menginstall sarana membangun website alias buildernya yaitu yang umum dan simpel install saja wordpress dari cpanel tersebut. Nanti dari wordpress anda dapat mengembangkan web dan membuat banyak subdomain atau juga bisa membuat landing page.

4. Setelah semua di atas ter-setting, maka anda dapat masuk ke wordpress admin, login dengan username password anda dan mulai memilih template serta setting hal-hal lainnya di sana. Pahami perbedaan post dengan page, kemudian permailink, plugin, dan masih banyak lagi.

5. Di wordpress, menu fasilitasnya ada di sebelah kiri layar komputer anda. Terdapat categories, Tags, Media, Pages, Comments, Template, Users, Setting, dan tempat plugin-plugin yang anda install nantinya akan ada menu tambahan di sana. Plugin adalah kode software dengan fungsi tertentu yang memungkinkan aplikasi atau program untuk menjalankan fitur tambahan di aplikasi atau program tersebut. Plugin ini juga sama pentingnya dalam membangun sebuah website, dari plugin anda dapat membuat web builder seperti elementor, dapat membuat web membership, dapat memunculkan pop up, notifikasi dan lain-lain.

6. Template website, untuk mensetting template website anda ingin seperti apa, alias bentuk tampilannya seperti apa, maka ada tab yang namanya templates di sebelah kiri dashboard wordpress anda, coba diklik dan pilih template yang tersedia di sana. Jika pilihannya cuma sedikit, anda bisa kok menambah lagi template-templatenya dengan menginstall dari bawaan wordpress-nya, atau template lainnya juga ada di dalam wordpress seperti elementor dan elementor pro. Untuk pilihan template elementor pro itu berbayar karena fiturnya yang lebih banyak daripada elementor biasa. Anda dapat menghubungi saya jika membutuhkan elementor pro dengan harga khusus.

Dengan sebuah template, fungsinya adalah mempercepat anda membuat website, tinggal pilih saja, edit, dan publish. Namun menurut saya tidak semudah itu, karena membuat website/landing page, anda butuh mempersiapkan segalanya dari copywriting, gambar yang relevan, video penjelasan, susunan landing page, testimonial, tombol CTA, dan sebagainya terserah dari sense atau seni anda agar landing pagenya dapat menghasilkan penjualan. Untuk belajar membuat landing page anda bisa ke sini https://tokodigital.web.id/lpmastery/

7. Cobalah membuat post pertama anda atau page pertama anda, kemudian lihat bedanya dengan mengklik menu paling atas kiri yang gambar rumah kecil. Di situ nanti akan muncul tulisan visit site (anda bisa klik kanan untuk membukanya di tab lain).

Segitu aja dulu, jadi siapa di sini yang mau mulai membangun websitenya?Jika ada pertanyaan boleh komen ya 🙂 terima kasih.

Selamat belajar dan semoga sukses selalu,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name - City
Membeli Product Time