Dropship Marketplace Halal atau Haram?

Dropship Marketplace Halal atau Haram?

Dulu pernah ada pertanyaan mengenai dropship itu halal atau haram, dan sudah dijelaskan sebelumnya bahwa drophship itu pada dasarnya boleh dan halal asal memenuhi kriteria sebagai berikut :

  1. Kita sebagai pemasar yang membantu memasarkan barang orang lain, tentunya sudah izin dengan sang pemilik barang sehingga terjadi kesepakatan perjanjian jual beli. Misalnya nanti berapa harga jual yang diperbolehkan oleh si pemilik dan itu yang kita ikuti, atau misalnya pemilik menetapkan minimum harga jual yang diberikan sehingga kita bebas menentukan harga jual asalkan tidak kurang dari yang sudah ditentukan. Jadi sebaiknya biar bisnis dropship kita berkah, maka baiknya kita mengobrol dulu kepada yang punya (owner) dan meminta izin untuk membantu menjualkan barang tersebut.
  2. Jujur, kejujuran mengenai spesifikasi barang yang dijual itu mutlak ketika menawarkan kepada calon buyer.
  3. Anda sebagai dropshipper itu berlaku sebagai makelar/calo sehingga jelas posisinya, sama seperti orang yang menjaga toko di suatu pusat perbelanjaan, orang tersebut bisa mendapat gaji dari pemilik toko ataupun komisi dari pemilik toko dan itu suatu kesepakatan bersama di awal. Makanya balik lagi tadi ke nomor 1 yaitu sebaiknya anda jelaskan dan berbincang dengan si empunya barang.
  4. Anda sebagai dropshipper berlaku sebagai agen, artinya anda membeli dahulu barang/produk dari pemilik dalam jumlah tertentu, setelah sampai ke tangan anda, barulah bisa menjual produk tersebut ke orang lain.

Itulah poin sebagian kecil dari solusi syar’i agar bisnis dropship yang kita lakukan ini halal dan berkah, selalu berhati-hatilah dalam urusan jual beli ini agar tidak jatuh kepada yang haram.

Lalu bagaimana strategi agar sukses di dropship ini? tentunya dengan rajin mengupload produk dan belajar memberi keterangan sedetil dan semenarik mungkin di bagian deskripsi. Juga yang tidak kalah pentingnya adalah foto yang menarik perhatian calon buyer plus riset kata kunci.

Tentunya untuk mencari supplier dan upload tiap hari ini pekerjaan yang melelahkan bukan? bayangkan jika produk dari supplier yang sudah anda pilih dan kerja sama tadi jumlah produknya ada ratusan, wah bisa pegel uploadnya hehe. Beruntung sih ada bantuan dari tools upload khusus dropshipper yang satu ini -> TOOL DROPSHIPPER yang sangat membantu anda yang ingin sukses berbisnis di dunia dropship marketplace seperti tokopedia,bukalapak,shopee. Detil fiturnya baca saja di sana TOOL DROPSHIPPER.

Terdapat banyak fitur seperti scrape, cari supplier, dan upload produk ke antar marketplace atau satu marketplace. Oh ya jangan lupa anda baca dulu ketentuan marketplace-nya yah, ada yang tidak membolehkan dropship di satu jenis marketplace yang sama. Misalnya dari tokopedia ke tokopedia lagi itu tidak boleh, sehingga jadi double resi saat input nanti. Nah yang bisa anda lakukan yaitu dropshipping antar marketplace misal dari shopee ke tokopedia ataupun sebaliknya.

Oke itu saja pesan sekilas dari saya bagi anda yang ingin mencoba berbisnis di dropship, jangan lupa pesan di awal tadi agar melakukan dengan penuh keberkahan dan halal ya.

Salam,

Leave a Comment

Name - City
Membeli Product Time